Pages

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample text

Download

Ads 468x60px

Social Icons

Featured Posts

Aplikasi Rapor MA Semester 2 Kurikulum 2013 Update 110615

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarakatuh

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga aplikasi rapor untuk jenjang Madrasah Aliyah kelas X semester 2 ini. Terlepas dengan gonjang-ganjing pelaksanaan kurikulum 2013, baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama, akhirnya kurikulum ini tetap berjalan dengan beberapa catatan dan persyaratan. Meskipun mayoritas telah kembali pada kurikulum 2006 (KTSP), tapi ada beberapa Madrasah, khususnya di Jawa Timur, yang masih tetap menggunakan kurikulum 2013 sebagai piloting.

Dari berbagai masukan, saran, dan kritik yang telah disampaikan atas beberapa kekurangan dari aplikasi semester 1 kemaren, maka pada semester ini telah kami perbaiki, terutama pada beberapa bug (error) yang terjadi pada aplikasi semester 1. Disamping itu, ada perubahan mendasar yang kami lakukan pada aplikasi semester 2 ini, diantaranya:
  1. Tampilan pada semester ini menggunakan Userform. 
  2. Bisa digunakan untuk "Moving Class" sehingga cukup 1 Master untuk 1 peminatan dengan sekian banyak lintas minat dalam satu kelas. Hal ini akan memudahkan wali kelas dalam mengoperasikannya.
  3. Input Data dan Nilai dilakukan melalui proses ekspor-impor. Hasil ekspor Data Nilai merupakan pegangan guru mata pelajaran untuk input nilai harian sekaligus berguna untuk file data nilai yang dapat dijadikan sebagai bukti ketika akreditasi madrasah termasuk nilai untuk ekstrakurikuler. File data nilai ini yang akan dimasukkan ke aplikasi dengan cara impor nilai.
  4. Perbaikan proses pengolahan nilai, dengan mengubah pola fungsi terutama pada sikap spiritual dan sosial antar mapel. Pada semester 1 mengharuskan input nilai semua mata pelajaran, kali ini dipermudah dengan beberapa mapel dan atau beberapa aspek saja, maka deskripsi sudah bisa muncul.
Munculnya Disclaimer yang dilakukan beberapa user, guru, pemangku kepentingan, dan lain-lain terkait dengan aplikasi ini, maka perlu kami jelaskan beberapa hal: 
  1. Aplikasi ini merepotkan karena harus menginput sekian banyak nilai. Aplikasi yang kami kembangkan berdasarkan ketentuan penilaian kurikulum 2013. Memang ada beberapa aplikasi yang hanya input nilai akhirnya saja, tetapi hal itu bertentangan dengan konsep penilaian kurikulum 2013 yang berbasis proses dan otentik. 
  2. Lebih baik menggunakan rapor manual. Aplikasi ini adalah sebuah alat bantu bagi guru, bukan sebuah kewajiban untuk menggunakannya. Bagi guru yang tidak terbiasa dengan IT, memang terasa menyulitkan. Tapi dengan konsep penilaian kurikulum 2013 ini, aplikasi ini ingin memberikan kemudahan bagi guru dalam mengolah nilai sekaligus memberikan edukasi bagi guru bahwa dunia pendidikan di masa yang akan datang tidak bisa terlepas dari IT.
  3. Deskripsi tidak seharusnya otomatis karena itu adalah kewenangan seorang guru. Memang benar pernyataan itu, gambaran (deskripsi) dari kemampuan (kompetensi) seorang anak tentu guru yang punya hak untuk mendeskripsikannya karena guru yang lebih tahu tentang hal itu. Tetapi aplikasi ini dibuat setidaknya memberikan gambaran awal dan juga standarisasi pendeskripsian kompetensi yang dicapai oleh anak.
  4. Muatan Lokal tidak bisa seluruhnya terakomodasi dalam aplikasi ini. Berkaitan muatan lokal memang tidak semuanya bisa terakomodasi dalam aplikasi ini. Hal ini karena mengacu pada ketentuan yang berlaku dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagaimana tercantum dalam Pedoman Pengembangan Muatan Lokal Kurikulum 2013. Oleh karena itu lebih arif jika kita mengkaji lebih jauh mengenai hal tersebut.
Terima kasih atas atensinya. Dibawah ini merupakan screenshot tampilan dari aplikasi ini. Semoga bermanfaat.


Download Link

UPDATE APLIKASI RAPOR MA UPDATE 080515











Download link


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Download dengan judul Aplikasi Rapor MA Semester 2 Kurikulum 2013 Update 110615. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://educreativities.blogspot.com/2015/01/rapor-ma-semester-2-kurikulum-2013.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: SD PANCASILA 45 - Jumat, 12 Juni 2015

7 komentar untuk "Aplikasi Rapor MA Semester 2 Kurikulum 2013 Update 110615"

  1. Assalamualaikum wr wb.

    Bagaimana cara mendapatkan PASSWORDnya?
    Kami sudah mengirim permohonan PASSWORD ke email educreativities@gmail.com

    Trima kasih atas responnya.

    BalasHapus
  2. Maaf Pak... menu Impor Data pada halaman depan itu fungsinya apa? Setelah saya coba kok tidak ada perubahan di aplikasi..
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengambil data madrasah dari aplikasi yang lama (jika ada update)

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum...
    ada beberapa saran dari saya:
    1. Bagaimana jika untuk mencetak raport ditambah fitur cetak massal (cetak dari record tertentu hingga record tertentu). karena di lembaga kami yang mencetak raport adalah tim kurikulum dengan jumlah rombel K13 sebanyak 19 Rombel, terlalu ribet dan memakan banyak waktu jika mencetak satu persatu siswa.

    2. Setelah membuka aplikasi ini terdapat beberapa fitur excel yang di disable: Formula bar dan horizontal/vertical scroll bar. Mohon fitur-fitur tersebut di aktifkan kembali setelah keluar dari aplikasi ini. Kasian bagi pengguna komputer awam.

    demikian dari kami, mohon tanggapannya...

    Wassalamualaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali mau mencoba (lebih simple, lebih ringan, ukuran lebuh kecil, bisa custom nama mapel, tidak pke export import, dll)

      https://www.dropbox.com/s/y7wltkkhebzgv31/Raport%20KTSP%20SMA%202015%20V.1.1.zip
      password ada di dalam file ZIP

      Jika ada pertanyaan langsung saja hubungi 085214596325 / 57FB8A5B / mulyonospd@gmail.com

      Hapus